cemilanKuliner Indonesia

senangkuliner.com – Kuliner Lopis Mbah Satinem Yogyakarta

Lopis Mbah Satinem yang berlokasi di dekat hotel Pesona Yogyakarta ini saya temukan tanpa sengaja. Ketemu nya saat sedang jalan santai di Pasar Kranggan. Dari kejauhan saya lihat banyak orang berkerumun. Insting kuliner ku pun mulai waspada. Setelah mendekat, ternyata orang berkerumun tersebut sedang mengerubuti seorang nenek yang masih sangat cekatan melayani para pembelinya. Belakangan saya baru tahu, kalau nenek tersebut adalah Mbah Satiyem. Salah satu penjaja Lopis paling viral di kota Jogja. Karena penasaran, saya pun ikutan antri. Dan dapat nomor antrian 44. Ough ya, kalau Anda pingin beli lopis ini, begitu sampai langsung ambil kertas antrian yang ada di toples depan Mbah Satiyem. Dan tunggu saja nanti nomor antriannya akan dipanggil saat giliran pesan tiba. Tapi Anda harus bersabar, waktu tunggu nya bisa jadi cukup lama. Pada hari biasa saja, hampir sejam saya menunggu giliran tiba. Dan saat weekend bisa jadi lebih lama, bisa 2 jam an. Hal ini disebabkan setiap satu antrian bisa pesan 10 bks lebih. Jadi sabar saja, lelah menunggu Anda akan terbayarkan begitu menyantap lopis Mbah Satiyem ini.

Lapak Lopis Mbah Satinem berada di lantai teras Toko Optik Yogya di Jalan Diponegoro, Yogyakarta. Lokasi nya persis di Hotel Pesonna Tugu. Buka setiap hari dari jam 06.00 – 08.00 pagi, dan dijamin banyak pembeli yang rela antri. Lapak lopis mbah Satinem menyediakan cemilan tradisional jadul mulai dari lopis, ketan putih juruh/bubuk, ketan hitam, gatot, tiwul dan cenil. Cemilan yang jadi primadona, tentu saja Lopis. Pembelinya rela antri berjam-jam demi merasakan sensasi cemilan jadul tradisional ini. Sudah jamak melihat turis asing ataupun artis ibukota rela antri demi beberapa potong lopis ini. Rasanya legit dan gurih. Apalagi bila dipadukan dengan kelapa muda parut dan juruh/kinca atau cairan gula merah nan kental. Lezat nian. Dalam melayani para pembelinya, Mbah Satinem dibantu oleh seorang asisten yang tugasnya mengemas pesanan yang sudah diracik dalam pincuk atau bungkusan daun pisang. Biasanya ada dua pilihan paket harga untuk setiap pesanan, yaitu paket 5 ribu dan 10 ribu. Tips senangkuliner.com : bisa pesan untuk dibawa pulang, sebaiknya minta juruh/kinca/cairan gula merah dan kelapa nya dipisah.

Ough ya, saat menunggu antrian pesanan lopis, Anda bisa juga memesan gudeg endes dan recommended yang lapaknya persis berada di sebelah Mbah Satinem ini. Rasanya enak dan harganya pun bersahabat. Ada pilihan nasi dan bubur gudeg dengan aneka lauk pelengkapnya. Seperti telor, tahu, suwiran ayam, paha, dada dan kepala ayam. Gimana, tertarik dan penasaran, yuuk mlipir ke alamat Gmaps iniĀ Lopis Jadul Mbah Satinem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *