kuahKuliner Mancanegara

senangkuliner.com – Kuliner Sate Kampung Jawa kota Melaka

2018 – Setelah membaca beberapa review tentang kuliner di kota Melaka salah satu yang recommended adalah warung Sate Kampung Jawa. Warung semi permanen yang berada di Kampung Jawa pinggir Melaka River ini memang salah satu tempat kuliner yang mesti dikunjungi bila Anda berwisata di kota Melaka. Lokasi nya persis di dekat jembatan Kampung Jawa. Bila Anda menyeberangi jembatan ini, warung tenda nya akan tampak dengan jelas. Selain menu sate ayam, hati dan sate lembu, warung ini juga menjajakan aneka menu kuliner Mie dan minuman es cendol khas Melaka yang juga menjadi andalan warung ini. Buka mulai jam 10 pagi, namun untuk menikmati menu sate, Anda harus datang pada pukul 12.00. Pada jam makan siang, biasanya antrian cukup panjang. Dan waktu tunggu menu datang ke meja cukup lama setelah pesanan Anda serahkan ke staf pramusaji. Jadi tetap bersabar. Bila Anda menginap di kawasan wisata Jongker, cukup berjalan 5-10 menit bisa sampai di warung yang beralamat di 23 Jalan Jawa, Kampung Jawa, 75100 Melaka, Malaysia. ( Google Maps :https://goo.gl/maps/qTpzktgMc362 )

Kami sempat datang dua kali ke warung ini, pertama saat sarapan pagi jam 10.00. Dan saat makan siang jam 14.00 karena ingin mencoba menu sate yang cukup legendaris ini, sebelum balik ke Kuala Lumpur. Saat sarapan pagi terasa masih sepi, karena kami merupakan pengunjung yang pertama. Menu yang kami pesan adalah Mie Rebus, Mie Goreng dan Mie Rojak dan es cendol sebagai teman sarapan. Cita Rasa Mie kaya akan rempah, mirip-mirip mie Aceh yang ada di Jakarta. Saat waktu makan siang, kami kembali ke warung ini untuk mencicipi menu sate khas Warung Sate Kampung Jawa yang tersohor di Melaka. Perlu kesabaran ekstra untuk bisa menikmati sate ini, terutama pada jam makan siang. Kami perlu menunggu beberapa saat sebelum mendapatkan meja yang bisa ditempati. Kami pesan 30 tusuk sate lembu dan sate ayam dengan irisan lontong/ketupat. Waktu tunggu datangnya menu ke meja pun cukup lama juga, perlu kesabaran ekstra. Menu sate di warung ini, menurut lidah kami orang Jawa, memiliki cita rasa gurih, empuk, namun terlalu manis. Hal ini persis seperti testimoni beberapa orang Melaka yang kami temui saat hendak mencari lokasi warung ini. Harga per tusuk nya bila di kurs kan mirip-mirip dengan harga sate di Jakarta.

Bila Anda sedang berwisata ke Kota Melaka tidak ada salah nya mampir ke warung yang halal dan recommended ini. Bila Anda menginap di kawasan wisata Jonker, ternyata sangat sulit menemukan restoran halal. Hal ini disampaikan oleh tuan rumah guest house tempat kami menginap. Salah satu yang bisa jadi tujuan warung halal adalah di Sayyid Antique And Cafe yang berlokasi di https://goo.gl/maps/bmeYVmiZC7J2

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *