kuahKuliner Indonesia

senangkuliner.com – Kuliner Lentog Kudus di CFD Simpang Lima Semarang

2018 – Lentog Menu Sarapan khas Warga Kota Kudus.

Lentog adalah makanan khas kota Kudus yang isi utamanya berupa potongan lontong sayur lodeh. Sebagai pelengkap biasanya ditambahkan suwiran daging ayan gurih, telor pindang, dan sate telur puyuh sebagai pelengkap dalam setiap sajiannya. Lentog banyak dijual pedagang kaki lima di seantero kota Kudus Jawa Tengah. Umumnya Lentog dijajakan pada pagi sampai siang hari. Namun sekarang ini menu khas kota Kudus ini sudah banyak tersebar di berbagai kota di Jawa Tengah salah satunya Semarang. Nah kali ini team senangkuliner.com berkesempatan mencicipi salah satu warung lentog yang ada arena car free day Simpang Lima Semarang. Sebuah even kegiatan warga lokal yang diadakan setiap hari minggu pagi. Jadi kalau mau menikmati lentog ini, hanya bisa hari Minggu saja, tidak hari yang lain. Datanglah sepagi mungkin agar kebagian menu sarapan khas yang endes ini.

Menu kuliner lentog ingredient nya terdiri dari potongan lontong yang disajikan dengan sayur lodeh, yaitu sayur yang terbuat dari tahu, tempe, sayur gori (nangka muda yang dicacah lembut) dan santan. Untuk menambah sensasi gurih dan pedas umumnya ditambhkan kuah areh ( santal kental gurih ) dan sambal cair. Semua sayuran pada lentog ini menggunakan kuah santan yang menjadikan makanan lentog ini gurih dan nikmat. Pas banget untuk sarapan. Perkenalan ku dengan menu khas kudus ini sepertinya sudah sejak dua puluh lima tahun silam. Semasa masih kuliah, saya sempat menginap di salah satu rumah teman kampus. Saat sarapan diajak ke sebuah desa yang memiliki kuliner tradisional lentog ini. Waktu itu seingat saya, warungnya berupa rumah tradisional dengan dapur atau pawon sebagai tempat para penikmat lentog menyantap sarapan yang lezat ini. Namun terus terang, saya sudah lupa nama desa ataupun warung nya.

Baru pagi ini, saat jalan jalan sehat di event car free day Simpang Lima Semarang, saya berkesempatan mencicipi kembali kuliner lkhas kota kudus ini. Lokasi warung lapaknya pas di ujung jalan Imam Bardjo. Berdekatan pintu masuk kampusĀ  Pasca Sarjana Undip Semarang. Warung tenda lesehan tidak permanen ini sudah buka dari jam 07. 00 s. d. 10.00, hanya pada hari minggu saat even car free day Simpang Lima Semarang berlangsung. Harga seporsi lentog dengan potongan lontong porsi standar dan sebutir telor pindang sebagai pelengkap lauknya hanya 15 ribu rupiah saja.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *