kuahKuliner Indonesia

senangkuliner.com – rumah makan belitong timpo duluk Kota Belitung

2018 – sensasi kuliner asli belitung di RM Belitong Timpo Duluk

Rumah Makan Belitong Timpo Duluk berada di sebuah rumah kuno khas warga Belitong yang dibeli oleh Isyak Meirobie dan diubahnya menjadi bisnis kuliner yang menyajikan menu makanan khas Belitung. Interior dinding restonya pun cukup unik, aneka peralatan pertanian, perikanan tempo dulu bahkan sepeda pun tergantung cantik di dinding-dinding kayu resto ini. Desain interior resto ini cukup unik, seakan mengajak para pengunjungnya untuk menyelami budaya hidup orang asli Belitung sembari menikmati aneka menu masakan otentik nya. Yang tentu saja akan menjadi pengalaman unik yang tidak akan pernah terlupakan. Rumah makan yang mulai beroperasi sejak tanggal 16 April 2013 ini, beralamat di Jalan Lettu Mat Daud, Kampung Parit, Kelurahan Parit, kota Tanjung Pandan. Catat ya jam buka resto nya mulai jam 11.00 sampai dengan jam 22.00 ya guys. Biasanya pada saat waktu jam makan siang dan makan malam, sangat sulit untuk mendapatkan meja yang kosong, meskipun resto ini mampu menampung jumlah pengunjung sebanyak 70 0rang. Jadi, datanglah satu jam sebelumnya agar bisa memilih meja makan yang strategis dan sesuai dengan anggota teman makan Anda.

Resto ini merupakan resto di Pulau Belitung yang mendapatkan sertifikasi halal pertama dari MUI dan jadi daftar kunjungan wajib dari disbudpar serta setiap biro wisata yang membawa rombongan wisata di kota Tanjung Pandan. So be there. Salah satu ciri khas orang Belitung pada saat makan bersama adalah tradisi bedulang. Tradisi bedulang adalah cara makan bersama dimana semua peserta duduk mengitari dulang yang berisi nasi dan aneka lauk pauk khas Belitung. Cara makan Bedulang ini lah yang juga coba diterapkan di resto ini untuk menarik minat para pembeli nya. Harga satu set bedulang untuk paket 4 orang dibanderol 220 ribu rupiah, sedangkan untuk paket 2 orang pun ada opsi nya cukup merogoh kocek 130 ribu rupiah. Dengan harga itu, para pemesan akan mendapatkan satu set dulang, yang di dalam nya sudah termasuk nasi sebakul, oseng-oseng sayur ati ampela, gangan kelapa muda, ayam ketumbar, sate ikan, tempe dan tahu goreng, sambal ketumbar, aneka lalapan yang jelas sangat mengundang selera para penikmat kulinernya. Biasa nya satu dulang set dihidangkan dalam satu meja berisi empat kursi. Budaya unik lain dalam menikmati bedulang adalah adanya tradisi untuk peserta yang lebih muda melayani peserta lain semeja yang usia nya lebih tua. Ini merupakan simbol rasa hormat dan penghargaan orang belitung yang berusia muda kepada para seniornya.

Salah satu menu masakan utama dalam dulang set adalah Gangan. Gangan merupakan sop asam pedas khas Belitong yang memiliki cita rasa manis, pedas, asem yang sangat pas disantap berteman nasi di siang maupun malam hari. Menu Gangan kuah di resto Timpo Duluk ini ada tiga pilihan, yaitu gangan kepala ikan isinya berupa kuah kepala ikan laut plus irisan buah nanas, gangan darat berupa kuah daging sapi plus ubi jalar dan gangan campur, isinya lebih variatif berupa kepala ikan dan aneka seafood seperti cumi, udang, dll. Untuk penyajian gangan ini bisa dalam mangkuk atau batok kelapa muda sesuai selera para pemesannya. Menu Gangan ini hampir ada di semua resto seafood yang ada di seluruh penjuru kota Tanjung Pandan, karena merupakan menu masakan khas Belitong. Jadi jangan khawatir, kalau ngga kebagian tempat saat ingin mencoba menu gangan di resto ini, coba lah memesan di resto seafood lain seperti resto Mutiara atau Dapur RR yang menyajikan menu gangan yang sama ajib dan endes nya. Jangan sampai sudah main ke belitong tanpa mencoba menu yang satu ini, ibarat makan sayur tanpa garam lho guys,,,hahahahahahaha,

Selain menu dulang set, Resto Belitong Timpo Duluk juga menawarkan menu khas Belitong lain secara ala carte yang tentu saja tetap layak untuk dicoba. Ada Nasi Gemuk Bebulus, nasi empuk disantap bersama ikan bulus kecil yang digoreng renyah bersama cocolan sambal dan kuah santan yang gurih. Ada pula menu Berego, menu makanan khas Melayu Belitung yang terbuat dari tepung beras putih, dibentuk jadi mie ukuran besar, dililit dan dicetak menjadi bulatan-bulatan. Berego disantap dengan kuah santan gurih dan daging ikan laut yang sudah dihaluskan. Bebulus Begendol, menu ikan bulus kecil digoreng garing dan disajikan dengan sambal merah khas belitong. Bagi penggemar menu ayam, resto Belitong Timpo Duluk juga menyediakan menu ayam bakar dan ayam bungkus daun simpar. Ayam bungkus daun Simpar ini merupakan menu ayam dengan bumbu rempah dibungkus dalam daun simpar yang merupakan daun pembungkus khas menu masakan belitung tempo dulu.

Gimana sip dan enak-enak bukan daftar menu ala carte nya guys. Menu makanan yang komplit akan terasa kurang pas bila tidak dibarengi dengan daftar minuman yang menyegarkan. Resto ini juga menawarkan daftar menu minuman khas belitung yang tidak kalah ajibnya seperti Es Juruk Kunci dan Es Jeruk Homey Belitung yang berwarna merah segar. So, bila berwisata ke kota Tanjung Pandan jangan sampai melewatkan resto recommended yang satu ini ya guys, selain bersantap enak, resto ini juga menawarkan spot foto ruangan interior yang unik dan instagaramable. Tidak akan kecewa dech upload foto sobat sekalian saat di resto ini. Dijamin dapat ribuan klik like menghujani postingan sobat senangkuliner.com sekalian, hehehehe. So be there guys and share your sweet experience.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *