kuahKuliner Indonesia

senangkuliner.com – belitung surga nya mie rebus enak

2018 – Belitung pulau surga nya mie rebus enak di Indonesia

Selain kedai kopi, pulau Belitung juga terkenal akan kuliner mie rebus yang menjadi tujuan wisatawan bila berkunjung pulau eksotis ini. Setelah lelah menjelajah pantai-pantai nan indah di sekeliling pulau belitung, pas kira nya mencicipi senangkuk mie rebus panas nan nikmat di kedai kedai mie pinggir jalan. Pada malam hari pertama di kota ini,  kami beringsut ke Mie Atep, restoran yang menyajikan mie rebus khas Belitung. Penyajian mie Atep ini cukup unik, setelah semua ingredient seperti mie, potongan kentang, irisan tahu, ketimun, udang, cakue  disajikan dalam satu piring, barulah dituangkan kuah panas khas mie Belitung dengan sentuhan terakhir ditambahkan emping mlinjo sebagai pelengkap cita rasa sebelum disajikan kepada para pembelinya. Sensasi rasa manis, gurih dan asin nya pas menjadikan mie kuah khas Belitung ini cemilan tepat untuk hidangan di setiap suasana. Bagi Anda yang suka pedas, bisa ditambahkan satu dua sendok sambal sesuai selera.

Hmmm, jadi makin nikmat saja menyantap mie rebus di dinginnya udara malam. Banyak pesohor ibu kota yang telah berkunjung menikmati mie Belitung Atep ini, dan foto foto mereka dipajang sebagai penghias dinding warung yang berada tidak jauh dari bundaran batu satam di Jalan Sriwijaya kota Belitung. Bundaran batu Satam merupakan pusat keramaian yang ada di kota Belitung. Jadi sangat mudah sekali untuk menuju ke warung mie rebus ini. Suasana kedai mie Atep, malam itu tidak begitu ramai, mungkin karena kedatangan kami pas bukan hari libur atau weekend dan suasana sudah menjelang malam sehingga tidak perlu menunggu lama untuk bisa menikmati mie Atep yang punya cita rasa unik ini. Harganya pun tidak terlalu mahal, untuk kami berempat dengan pesanan 4 piring mie rebus, satu gelas jeruk nipis panas, dan dua gelas teh tawar hangat, cukup merogoh kantong 85 ribu rupiah. Sudah cukup bagi kami untuk mengobati rasa penasaran akan cita rasa mie Belitung nan legendaris ini.

Selain mie Atep, kami mencoba mie ayam kaki lima yang berada persis di seberang gerbang pasar tradisional yang ada di jalan Endek kota Belitung yang berada tidak jauh dari bundaran Batu Satam. Cita rasa mie ayam ini merupakan perpaduan dari mie ayam jawa yg dominan manis gurih dengan mie ayam chinese yang dominan asin gurih nya. Kami penasaran saja mampir ke warung ini, karena saat kami mau balik ke hotel selepas berkeliling pasar tradisional mencari makanan kecil buat bekal berkeliling pulau Belitung, pas lewat di depan kedai ini banyak sekali pengunjung yang sedang sarapan. Kebanyakan pembeli nya warga setempat untuk meluangkan waktu mengisi perut setelah berbelanja berbagai kebutuhan harian di pasar tradisional. Kami berdua pagi itu memesan 2 mangkok mie ayam, satu gelas teh tawar dan dua bungkus kecil krupuk ikan cukup merogoh kocek 32 ribu rupiah. Mirip2 dengan harga mie ayam di Jakarta. Namun sensasi mie nya lebih kenyal dan segar, cocok lah buat menu sarapan kami pagi itu. Bila kebetulan sobat senangkuliner.com sedang berkunjung ke Belitung, coba lah mampir ke salah satu kedai mie ayam bakso yang ada di depan pasar tradisional atau pas di pinggir bundaran batu Satam untuk sekedar sarapan dengan menu warga lokal Belitung, dijamin akan menemukan nuansa dan suasana yang berbeda daripada sarapan di hotel penginapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *