kukusanKuliner Indonesia

senangkuliner.com – buntil daun lompong di kota Magelang

2018 – buntil daun lompong magelang

Saat mampir sarapan di sop senerek bu Atmo jalan Jendralan Magelang, ada jajaran bungkusan daun pisang yang telah dikukus tersusun rapi di meja kasir. Semula saya kira itu adalah bothok mlanding atau garang asem ayam kampung, dua makanan yang jamak dijumpai dalam kemasan daun pisang yang telah dikukus pada saat proses pemasakanya.

Saat membayar pesanan sarapan sebelum beranjak pulang, saya iseng menanyakan nama kuliner yang tertata rapi di depan meja kasir ini. Sambil berharap mendapatkan jawaban yang berbeda dengan dua nama makanan yang saya bayangkan sebelumnya. Kejutan muncul saat ibu kasir paruh baya menyebut nama buntil daun lompong.

Lompong adalah sebutan sebagian besar orang Jawa untuk tanaman talas. Tidak semua daun lompong bisa dibuat buntil, ada jenis lompong tertentu yang bila dimasak akan terasa gatal di mulut saat disantap. Bahan dasar kuliner unik ini berupa daun lompong yang dipakai untuk membungkus parutan kelapa yang sudah dibumbui pedas gurih. Bungkusan-bungkusan daun lompong direbus dengan air santan kelapa dan bumbu-bumbu tertentu sampai air rebusan dan bumbu meresap. Buntil daun lompong umumnya disajikan dalam piring piring kecil dengan tuangan kuah santan hasil rebusan sebagai teman nasi hangat saat sarapan.

Penyajian dan cara memasak buntil daun lompong Magelang ini cukup unik. Parutan kelapa yang sudah terbungkus daun lompong dibumbui rempah-rempah tertentu, dibungkus kembali dengan daun pisang sebelum dikukus sampai matang.  Saat disajikan, sama sekali tidak ada kuah santan namun rasanya tetap sedap gurih dan mantap.

Kuliner buntil daun lompong khas Magelang ini bisa dijumpai di warung bu Atmo jalan Jendralan Magelang dengan alamat maps berikut ini….

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *